S&P Law Office

Pendaftaran Merek UMKM, Cek Syarat dan Tipsnya!

Uncategorized

Pendaftaran merek UMKM adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mendukung perkembangan bisnis. Pendaftaran tersebut akan memberikan banyak keuntungan, mulai dari perlindungan merek dagang usaha kecil, hingga membangun reputasi barang atau jasa yang ditawarkan.

Sebuah merek mampu menambah nilai pada bisnis kecil sekalipun. Bahkan, potensi untuk memperluas cakupan jangkauan juga dapat dilakukan melalui pendaftaran merek. Meski begitu, menurut keterangan dari Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, hingga saat ini kurang dari 1% pelaku UMKM yang ada di Indonesia yang telah mendaftarkan merek dagangnya.

Padahal, pemerintah telah memberikan beberapa keringanan, termasuk keringanan biaya pendaftaran. Keringanan tersebut sebagai dorongan agar pelaku UMKM mendaftarkan mereknya yang bermuara pada perlindungan hukum atas merek dagang mereka. Nah, untuk mengetahui lebih dalam soal pendaftaran merek UMKM, simak pembahasan berikut!

Syarat Pendaftaran merek UMKM

Syarat dan Prosedur Pendaftaran Merek UMKM

Jika Anda telah memutuskan bahwa Anda memerlukan merek dagang, maka langkah selanjutnya adalah mengajukan permohonan merek kepada menteri melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Permohonan dapat dilakukan oleh pemohon atau kuasanya, secara online maupun offline dengan datang langsung ke DJKI.

Beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi :

  • Identitas Pemohon berupa KTP apabila permohonan diajukan oleh perorangan.
  • Salinan Akta, Surat Keterangan pendirian badan usaha, dan KTP Direktur Utama jika permohonan diajukan atas nama badan usaha.
  • Etiket atau Label Merek.
  • Surat kuasa apabila permohonan diwakilkan.
  • Surat Rekomendasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Binaan atau Surat Keterangan UKM Binaan Dinas (Asli)
  • Surat Pernyataan Usaha Mikro Kecil (UMK) Bermaterai

UMKM yang telah melengkapi semua persyaratan pendaftaran merek UMKM akan menerima tanggal penerimaan. Selanjutnya pemeriksaan formalitas akan dilakukan selama 15 hari setelah tanggal penerimaan. Kemudian jika telah lengkap, maka akan dilakukan pengumuman permohonan dalam berita resmi merek selama 2 bulan.

Dalam rentang waktu tersebut, setiap pihak berhak mengajukan keberatan. Jika tak ada pihak yang mengajukan keberatan, maka permohonan pendaftaran berlanjut ke tahap pemeriksaan substantif yang berlangsung paling lama 30 hari.

Dalam pemeriksaan ini, DJKI akan memutuskan apakah permohonan merek dapat diterima atau tidak. Jika diterima, maka DJKI akan mendaftarkan merek tersebut, kemudian menerbitkan sertifikat merek dan mengumumkan pendaftaran merek UMKM dalam berita resmi merek. Sertifikat kepemilikan merek memiliki masa berlaku 10 tahun dihitung sejak tanggal penerimaan permohonan.

Tips Pendaftaran Merek Bagi UMKM

Perhatikan beberapa tips dibawah ini untuk membantu Anda dalam pendaftaran serta mengurangi resiko penolakan :

Pengecekan

Meskipun tidak wajib, namun sebaiknya Anda melakukan hal ini sebelum melangkah ke tahapan berikutnya. Mengingat merek bersifat unik, pengecekan dimaksudkan untuk menghindari kesamaan dengan merek yang telah didaftarkan. Mendaftarkan merek yang mirip berpotensi  dengan merek yang telah didaftarkan akan membuat permohonan Anda ditolak.

Meminta Bantuan Profesional

Meski terlihat mudah, namun mungkin Anda membutuhkan bantuan profesional untuk mempersiapkan semua persyaratan serta proses permohonan pendaftaran merek. Alasanya adalah faktor efisiensi waktu, dengan bantuan profesional Anda bisa menggunakan waktu untuk tetap fokus mengembangkan bisnis Anda.

Itulah penjelasan mengenai pendaftaran merek UMKM yang sangat penting untuk perkembangan bisnis UMKM. Untuk Anda yang ingin mendaftarkan merek, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan Simanjuntak & Partners yang profesional dan terpercaya. Hubungi Simanjuntak & Partners melalui Instagram @simanjuntaklaw atau berkunjung ke laman https://splawoffice.co.id/ .

About S&P Law Office

S&P are passionate about helping our clients through some of their most challenging situations. We take a practical approach to your case, and talk with you like a real person. With each and every client, we aim to not only meet, but to exceed your expectations.

Recent Post